Selasa, 02 Juli 2013

RPP BERKARAKTER BAHASA INDONESIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                       : SMA NEGERI 3 JEMBER
Mata Pelajaran                      : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester                      : XI IPS 1
Alokasi Waktu                       : 4 X 45 menit (dua kali pertemuan)


I.       Standar  Kompetensi
Menulis     : Mengungkapkan informasi melalui penulisan resensi.
II.    Kompetensi Dasar
Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi.
III. Indikator Pembelajaran
1.      Kogniti
1)      Produk
pertemuan pertama:
·         Mengidentifikasi unsur-unsur resensi (Judul resensi, Identitas buku, arah dan sasaran, keunggulan buku, dan kelemahan buku).
·         Menugaskan siswa membuat resensi berdasarkan buku karya sastra (novel, cerpen, kumpulan puisi, kumpulan cerpen dll) ( pekerjaan rumah)
Pertemuan kedua:
·         Mempresentasikan tugas membuat  resensi berdasarkan buku karya sastra di depan kelas    secara panel.
b. proses
pertemuan pertama:
·         Menemukan unsur-unsur resensi (Judul resensi, Identitas buku, arah dan sasaran, keunggulan buku, dan kelemahan buku).
·         Mengidentifikasi unsur-unsur resensi ditunjukkan dengan data.
Pertemuan kedua:
·         Mempresentasikan tugas resensi di depan kelas secara panel.
·         Mengevaluasi hasil diskusi siswa
2.  Psikomotor
·         Terampil menulis resensi berdasarkan buku karya sastra yang pernah dibaca.

3. Afektif
   a. karakter
      pertemuan pertama:
      - mandiri                : secara mandiri siswa mengidentifikasi resensi.
      - kerja keras           : berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mengerjakan tugas yang                        diberikan guru.
      Pertemuan kedua:
      - kreatif                 : membuat resensi sesuai karya sastra yang pernah dibaca.
      - demokrasi           : menghargai pendapat teman dalam berpendapat.
      - tanggung jawab  : bertanggung jawab atas pekerjaannya.
b. Keterampilan Sosial
pertemuan pertama :
- menjadi pendengar yang baik
- membantu teman yang mengalami kesulitan
Pertemuan kedua :
- menyumbang ide
VI. Tujuan Pembelajaran
1. kognitif
a. Produk
pertemuan pertama :
-       secara mandiri siswa mengidentifikasi resensi yang meliputi (Judul resensi, Identitas buku, arah dan sasaran, keunggulan buku, dan kelemahan buku) dengan penuh tanggung jawab.
Pertemuan kedua :
-          secara mandiri siswa mempresentasikan resensi yang dibuat di depan kelas, secara panel.
b. proses
pertemuan pertama :
- Setelah menyimak penjelasan guru mengenai resensi, siswa secara individu mengidentifikasi resensi yang berjudul “Membuka Selubung Bangsawan Melayu”  yang ada di buku LKS.
Pertemuan kedua :
-       siswa mempresentasikan resensi  yang telah dibuat di rumah didepan kelas, secara panel.
2. Psikomotor
      - Siswa dapat membuat resensi berdasarkan  buku karya sastra yang pernah dibaca.
3. Afektif 
a. Karakter
siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti  mandiri, bersahabat, kreatif, demokrasi, dan tanggung jawab.
b. Keterampilan sosial
siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide, membantu teman yang mengalami kesulitan, dan saling bekerja sama.
V. Materi Pembelajaran

1.    Pengertian resensi, syarat penulisan resensi, langkah-langkah menyusun resensi dalam buku paket bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XI halaman 54-56, penerbit Intan Pariwara.
2.    Sistematika penulisan resensi dalam buku Inti Sari Kata Bahasa Indonesia halaman 161-166, penerbit Triana Media. 
3.    3.Tujuan penulisan resensi, unsure-unsur, dan contoh resensi novel dalam buku LKS halaman 57-58.
VI. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran          : kooperatif
Metode pembelajaran        : ceramah dan tanya jawab, penugasan, diskusi.
VIII. Sumber Belajar / Bahan / Alat/ Media Pembelajaran :
Sumber  :1. Buku panduan pendidik bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XI ,penerbit Intan pariwara.
                        3. Buku LKS bahasa Indonesia kelas XI semester 1, penerbit Maestro.
                        4. Buku Inti Sari Kata Bahasa Indonesia (pengetahuan bahasa, kesusastraan,                                  tata bahasa), penerbit Triana Media.  
Bahan    :buku paket, LKS, dan kertas kosong untuk jawaban.
Alat        : spidol, papan tulis.


VII. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pertemuan pertama
No
Kegiatan
Penilaian oleh pengamat

Pembukaan: 10 menit
1
2
3
4

1.
Guru menyampaikan salam dan mengabsen siswa.





2.
Guru melakukan apersepsi.

3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

Inti: 70 menit
1
2
3


1.
Siswa menyimak materi yang disampaikan guru dengan sungguh-sungguh.





2.
Siswa membaca resensi dalam LKS secara mandiri.

3.
Siswa mengidentifikasi resensi sebagai dasar menulis resensi.
o Judul resensi
o Identitas buku
o Arah dan sasaran
o keunggulan buku
o kelemahan buku

Penutup: 10 menit
1
2
3
4

1.
Guru memberikan evaluasi.





2.
Bersama siswa guru menyimpulkan pembelajaran yang diperoleh pada pertemuan pertama.

3.
Guru menyampaikan salam penutup.




b. Pertemuan kedua
No.
Kegiatan
Keterlaksanaan
Pembukaan: 10 menit
1
2
3
4
1.
Guru menyampaikan salam dan mengabsen siswa.




2.
Guru menanyakan pada siswa apakah tugas rumah sudah selesai.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya.
Inti: 70 menit
1
2
3
4
1.
Guru menunjuk 5-8 siswa untuk berpresentasikan tugasnya di depan tema-temannya.




2.
Siswa mempresentasikan hasil resensi yang dibuat didepan teman-temannyas secara panel.
3.
Siswa yang berpresentasi melakukan tanya jawab dengan siswa lain yang tidak berpresentasi.
Penutup: 10 menit
1
2
3
4
1.
Guru memberikan evaluasi.




2.
Bersama siswa guru menyimpulkan pembelajaran yang diperoleh.
3.
Guru menyampaikan salam penutup




IX. Penilaian
Jenis penilaian
Bentuk
Instrumen penilaian
Test tulis
Uraian
Soal, kunci jawaban, dan pedoman penskoran
Instrumen :  
A. Soal-soal
1.Identifikasilah resensi yang berjudul “Membuka Selubung Bangsawan Melayu” yang terdapat pada buku LKS hal 58 meliputi:   
a. Judul resensi
b. Identitas buku
c. arah dan sasaran
d. keunggulan buku
e. kelemahan buku
2. Buatlah sebuah resensi karya sastra yang pernah Anda baca! Kerjakan secara individu   kemudian dipresentasikan di depan kelas secara panel. (untuk pertemuan kedua).
B. Kunci jawaban:
1. a. Judul resensi : Membuka Selubung Bangsawan Melayu
     b. identitas buku :
      Judul         : Pahlawan dan Cerita Lainnya, Mozaik Melayu Modern
      Judul asli    : Heroes and Other Stories  
      Penulis       : Yayasan Obor Indonesia
      Tahun         : 2006
      Tebal          : 164 halaman
     c. kepengaranga
     Karim Raslam lahir lahir pada tanggal 2 Agustus 1963 di Petaling Jaya, Kuala Lumpur Malaysia. Ia tinggal 16 tahun di negara ibunya yaitu Inggris. Ia mengambil pendidikan hukum        di Inggris dan menjadi pengacara dengan bahasanya yang tajam di harian-harian berbahasa      Cina dan Inggris. Ia lebih dikeal sebagai kolumnis ni Malaysia.   
     d. kelebihan buku
     - mengisahkan tentang kisah nyata yang dilihat dan ditemukan sendiri oleh pengarang melalui penelitian yang dilakukan.
     e. kelemahan buku :
     - penggunaan bahasa Inggris yang terlalu tinggi sehingga orang sulit untuk memahaminya.
     - penggunaan singkatan-singkatan dalam bahasa Malaysia yang sering muncul tanpa      keterangan.
2. kreatifitas siswa dalam menulis resensi, dengan syarat unsur-unsur resensi sudah terpenuhi.
C. Pedoman penskoran
a. Tugas individu:
Skor
Kriteria
5
Jawaban sangat sempurna
4
Jawaban tepat
3
Jawaban kurang tepat
2
Jawaban salah
1
Tidak dapat menjawab
Nilai = jumlah skor yang diperoleh / jumlah skor maksimal x 100
Contoh:
Apabila mendapat skor 20 maka nilai yang diperoleh:
Nilai = 20/25x100 = 80
-          90-100       : Amat Baik (A)
-          70-89         : Baik (B)
-          60-69         : Cukup (C)
-          50-59         : Kurang (K)
-          <49 span="" style="mso-tab-count: 1;">            : Kurang Sekali (KS

b. Resensi 
No
Aspek yang dinilai
Skor
1.
2.
3.
4.
Kelengkapan unsur resensi
Isi
Bahasa
Ejaan dan tanda baca
15-20
20-35
15-25
10-20

Jumlah
60-100



           

            Kriteria Penilaian:
-          90-100       : Amat Baik (A)
-          70-89         : Baik (B)
-          60-69         : Cukup (C)
-          <60 span="" style="mso-tab-count: 1;">            : Kurang (K)

Jember,15 September 2011
Guru Pamong                                                                              Mahasiswa PPL/Praktikan


           Dul Hadi, S.Pd                                                                               Moh. Badrus Solichin
        NIP. 196212281985121003                                                                   NIM. 080210402002

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 3 Jember,                                                          Dosen Pembimbing,



      Tatang Prijanggono, S.Pd , M.Pd                                                          Drs. Parto, M.Pd                                     NIP. 196302131983031007                                                                   NIP. 196311161989031001


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share Article